Beranda | Artikel
Hati Menjadi Baik dengan Al-Quran
Kamis, 25 April 2024

Bersama Pemateri :
Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al-Badr

Hati Menjadi Baik dengan Al-Qur’an adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Hadits-Hadits Perbaikan Hati. Pembahasan ini disampaikan oleh Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada Senin, 13 Syawal 1445 H / 22 April 2024 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Hati Menjadi Baik dengan Al-Qur’an

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنْ النَّاسِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ هُمْ قَالَ هُمْ أَهْلُ الْقُرْآنِ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai keluarga-keluarga dari kalangan manusia. Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapa mereka?’ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, ‘Mereka adalah Ahlul Quran, keluarga Allah dan orang-orang yang dekat denganNya.`” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Juga dari sahabat Utsman Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

لا حَسَدَ إلَّا في اثْنَتَيْنِ: رَجُلٌ عَلَّمَهُ اللَّهُ القُرْآنَ، فَهو يَتْلُوهُ آناءَ اللَّيْلِ، وآناءَ النَّهارِ، فَسَمِعَهُ جارٌ له، فقالَ: لَيْتَنِي أُوتِيتُ مِثْلَ ما أُوتِيَ فُلانٌ، فَعَمِلْتُ مِثْلَ ما يَعْمَلُ، ورَجُلٌ آتاهُ اللَّهُ مالًا فَهو يُهْلِكُهُ في الحَقِّ، فقالَ رَجُلٌ: لَيْتَنِي أُوتِيتُ مِثْلَ ما أُوتِيَ فُلانٌ، فَعَمِلْتُ مِثْلَ ما يَعْمَلُ.

“Tidak boleh hasad kecuali pada dua perkara; kepada seorang yang diajarkan oleh Allah Al-Qur’an kemudian ia membacanya siang dan malam, maka tetangganya mendengar, ia pun mengatakan, ‘Seandainya aku diberikan seperti apa yang diberikan oleh fulan, maka aku akan beramal seperti dia beramal.’ Dan kepada orang yang diberikan harta, dan dia menghabiskannya di jalan kebaikan. Maka ada yang berkata, ‘Seandainya aku diberikan seperti apa yang diberikan fulan, maka aku akan beramal seperti apa yang ia kerjakan.`” (HR. Bukhari)

Dari sahabat Abu Musa Al-Asyari Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ مَثَلُ الأُتْرُجَّةِ : رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ

“Perumpamaan seorang mukmin yang membaca Al-Qur’an seperti buah utrujjah yang baunya enak dan rasanya enak. Dan permisalan mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an seperti kurma yang tidak ada baunya tapi rasanya manis. Permisalan orang munafik yang membaca Al-Qur’an seperti buah raihanah, baunya enak tapi rasanya pahit. Dan permisalan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah handzalah yang tidak ada baunya dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lihat juga: Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Adalah Sarana Untuk Mempelajari Kandungan Maknanya

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 yang penuh manfaat ini.

Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Merasa Diawasi Allah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54103-hati-menjadi-baik-dengan-al-quran/